Rabu, 12 Desember 2007

STANDA KOMPETENSI LULUSAN (SKL) SMK

SKL-UN-2007 33
24. Bahasa Indonesia SMK
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) URAIAN
1. Siswa mampu memahami isi berbagai bentukwacana nonsastra dan menanggapi secarakritis isi berbagai ragam wacana, seperti tabel, grafik, laporan pengamatan/percobaan,artikel ilmiah, hasil penelitian, resensi, dan berbagai jenis paragraf.
• Memahami dan menanggapi berbagai ragam informasi tulis seperti: berbagai jenis teks nonsastra, tabel, grafik, laporan pengamatan/percobaan, artikel ilmiah, hasil penelitian, dan resensi, mencakup:
- isi tersurat yang dibaca
- penyimpulan isi tersurat
- tanggapan isi
- penentuan gagasan pokok dan gagasan
penjelas
2. Siswa mampu menulis berbagai jenis karangan dan menyunting isi dan bahasa
suatu karangan.
• Menulis berbagai surat dan berbagai jenis karangan seperti: narasi, deskripsi, eksposisi,
argumentasi, dan persuasi dengan menggunakan pilihan kata yang bervariasi,
kalimat efektif, dan Ejaan yang Disempurnakan, mencakup:
- penyusunan kerangka karangan
- pengembangan kerangka karangan
- penulisan berbagai surat seperti: surat
resmi, keluarga, niaga, lamaran pekerjaan,
undangan, dan surat perjanjian
• Menyunting isi dan bahasa suatu karangan,mencakup:
- pengidentifikasian kesalahan isi, ketepatan maupun urutannya
- pengidentifikasian kesalahan bahasa misalnya penggunaan kata, istilah, gabungan kata,
struktur kalimat, kepaduan dan kelengkapan paragraf, ejaan dan tanda baca
- perbaikan kesalahan isi dan bahasa
3. Siswa mampu mengapresiasi berbagai bentuk karya sastra dari aspek isi, bahasa, dan
bentuk.
• Memahami dan menanggapi berbagai bentuk karya sastra seperti: puisi, prosa-fiksi, dan
naskah drama, mencakup:
- penentuan bentuk karya sastra
- unsur intrinsik dan ekstrinsik
- komentar terhadap isi
- penemuan majas, ungkapan, dan peribahasa
- penentuan peribahasa dan ungkapan yang
relevan dengan isi

SKL-UN-2007 34
25. Bahasa Inggris SMK
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) URAIAN
1. Siswa mampu memahami makna dalam wacana lisan interpersonal dan transaksional
secara formal maupun informal berkaitandengan kehidupan sehari-hari, pekerjaan dan
keprofesian.
• Menemukan pesan utama dan informasi rinci dalam teks lisan
• Menemukan pernyataan lisan yang tepat sesuai gambar
• Menemukan respon yang tepat dari ungkapanungkapan berikut:
- salam
- perkenalan diri/orang lain
- deskripsi benda, orang, situasi, proses
- perbandingan dua atau lebih
benda/orang/situasi
- penanganan tamu/pelanggan secara
langsung atau melalui telepon
- imperatif: perintah, permintaan, larangan,
arahan
- penawaran
- persetujuan
- pemesanan
- saran
- pendapat
- nasehat
- kemampuan
- izin
- kemungkinan
- keharusan
- kegiatan sehari-hari/sedang berlangsung/sudah lewat/yang akan datang/yang masih berlangsung sampai sekarang/berulang diwaktu lampau
- cara berterimakasih
- undangan
- ucapan selamat
2. Siswa mampu memahami makna dalam wacana tulis interpersonal dan transaksional,
secara formal maupun informal, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari,
pekerjaan dan keprofesian.
• Menemukan pesan utama, informasi rinci tersurat/tersirat, rujukan kata, sinonim, antonim, makna kata dari teks tertulis
• Menemukan kata/frasa dalam sebuah teks tertulis/percakapan pendek yang tidak sesuai
dengan tatabahasa atau konteks
• Menentukan respon yang tepat dari ungkapanungkapan
sebagaimana pada SKL 1


SKL-UN-2007 35
26. Matematika Kelompok Teknologi, Kesehatan, dan Pertanian SMK
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) URAIAN
1. Siswa mampu melakukan operasi hitung bilangan, logaritma, dan penerapannya dalam
bidang kejuruan.
• Bilangan Real:
- Operasi hitung pada bilangan berpangkat
- Penggunaan sifat-sifat logaritma
2. Siswa mampu menyelesaikan masalah fungsi dan grafik, serta penerapannya dalam bidang
kejuruan.
• Fungsi
- Persamaan garis
- Fungsi kuadrat
3. Siswa mampu menyelesaikan masalah persamaan dan pertidaksamaan, sistem
persamaan linear, program linear, matriks, vektor, serta penerapannya dalam bidang
kejuruan.
• Persamaan dan pertidaksamaan:
- Pertidaksamaan linear satu variabel
- Sistem persamaan linear dua variabel
• Matriks
- Operasi matriks
- Invers matriks ordo 2 x 2
• Program Linear
- Model matematika
- Nilai optimum
• Vektor
- Operasi pada vektor
4. Siswa mampu menghitung keliling dan luas bangun datar, luas permukaan dan volume
bangun ruang, serta penerapannya dalam bidang kejuruan.
• Bangun Datar:
- Keliling
- Luas
• Bangun Ruang
- Luas permukaan
- Volume
5. Siswa mampu menerapkan prinsip-prinsip logika matematika dalam penarikan
kesimpulan, serta penerapannya dalam bidang kejuruan.
• Logika Matematika
- Konvers, invers, dan kontraposisi
- Ingkaran kalimat majemuk dan berkuantor
- Penarikan kesimpulan
6. Siswa mampu menggunakan trigonometri, serta penerapannya dalam bidang kejuruan.
• Trigonometri
- Perbandingan trigonometri
- Aturan sinus dan kosinus
- Jumlah dan selisih dua sudut
- Koordinat kartesius dan kutub
7. Siswa mampu menerapkan konsep kaidah pencacahan dalam menentukan banyak
kemungkinan dan nilai peluang suatu kejadian; serta mampu mengolah, menyajikan, dan menafsirkan data; serta penerapannya dalam bidang kejuruan.
• Peluang
- Kaidah Pencacahan
- Permutasi
- Kombinasi
- Peluang
• Statistika
- Populasi dan sampel
- Macam-macam diagram
- Ukuran Pemusatan
- Ukuran Penyebaran
SKL-UN-2007 36
27. Matematika Kelompok Sosial, Administrasi Perkantoran, dan Akuntansi
(Bisnis dan Manajemen) SMK
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) URAIAN
1. Siswa mampu melakukan operasi hitung pada bilangan real, logaritma, dan aproksimasi
kesalahan, serta menerapkannya dalam bidang kejuruan
• Bilangan Real
- Konversi bilangan pecahan
- Perbandingan, skala dan persen
- Penerapan operasi bilangan real dalam menyelesaikan masalah kejuruan.
- Operasi hitung pada bilangan berpangkat
- Penggunaan sifat-sifat logaritma
• Aproksimasi Kesalahan
- Salah mutlak
- Salah relatif
- Persentase kesalahan
- Toleransi
- Jumlah, selisih, dan hasil kali dua
pengukuran
2. Siswa mampu menyelesaikan masalah fungsi dan grafik, serta menerapkannya dalam
bidang kejuruan.
• Fungsi
- Persamaan garis
- Fungsi kuadrat
3. Siswa mampu menyelesaikan masalah persamaan dan pertidaksamaan, matriks, program linear, serta menerapkannya dalam bidang kejuruan.
• Persamaan dan Pertidaksamaan
- Persamaan linear
- Pertidaksamaan linear satu variabel
- Sistem persamaan linear dua variabel
• Matriks
- Macam-macam matriks
- Operasi matriks
- Determinan dan matrik invers
• Program Linear
- Grafik himpunan penyelesaian sistem
pertidaksamaan linear dengan 2 variabel
- Model matematika
- Nilai optimum
4. Siswa mampu menghitung keliling dan luas bangun datar, luas permukaan dan volume
bangun ruang, serta menerapkannya dalam bidang kejuruan.
• Bangun Datar:
- Keliling
- Luas
• Bangun Ruang
- Luas permukaan
- Volume
5. Siswa mampu mengaplikasikan prinsip prinsip logika matematika dalam menarik
kesimpulan serta menerapkannya dalam bidang kejuruan
• Logika Matematika
- Pernyataan majemuk
- Konvers, invers, dan kontraposisi
- Ingkaran kalimat majemuk dan berkuantor
- Penarikan kesimpulan
SKL-UN-2007 37
6. Siswa mampu mengolah, menyajikan, dan menafsirkan data; trampil menggunakan
kaidah pencacahan dalam menentukan banyak kemungkinan dan besar peluang suatu
kejadian; serta menerapkannya dalam bidang kejuruan.
• Statistika
- Populasi dan sampel
- Macam-macam diagram
- Ukuran Pemusatan
- Ukuran Penyebaran
• Peluang
- Kaidah Pencacahan
- Permutasi
- Kombinasi
- Peluang
- Frekuensi harapan
7. Siswa mampu menerapkan konsep pola bilangan dalam menyelesaikan perhitungan
barisan dan deret serta trampil menggunakannya untuk menyelesaikan permasalahan
dalam bidang kejuruan
• Barisan dan Deret Bilangan
- Pola bilangan
- Barisan
- Deret
SKL-UN-2007 38
28. Matematika Kelompok Seni, Pariwisata, dan Teknologi Kerumahtanggaan SMK
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) URAIAN 1. Siswa mampu melakukan operasi hitung pada bilangan real, logaritma, dan aproksimasi kesalahan, serta menerapkannya dalam
bidang kejuruan.
• Bilangan Real
- Operasi hitung pada bilangan berpangkat
- Penggunaan sifat-sifat logaritma
• Aproksimasi Kesalahan
- Salah mutlak
- Salah relatif
- Persentase kesalahan
- Toleransi
- Jumlah, selisih, dan hasil kali dua
pengukuran
2. Siswa mampu menyelesaikan masalah fungsi dan grafik, serta menerapkannya dalam
bidang kejuruan.
• Fungsi
- Persamaan garis
- Fungsi kuadrat
3. Siswa mampu menyelesaikan masalah persamaan dan pertidaksamaan, matriks,
program linear, serta menerapkannya dalam bidang kejuruan.
• Persamaan dan Pertidaksamaan
- Pertidaksamaan linear satu variabel
- Sistem persamaan linear dua variabel
- Persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
• Matriks
- Operasi matriks
- Invers matriks ordo 2 x 2
- Determinan dan matrik invers
- Ajoin matriks
• Program Linear
- Model matematika
- Nilai optimum
4. Siswa mampu menghitung keliling dan luas bangun datar, luas permukaan dan volum
bangun ruang, serta menerapkannya dalam bidang kejuruan.
• Bangun Datar:
- Keliling
- Luas
• Bangun Ruang
- Luas permukaan
- Volume
5. Siswa mampu menerapkan prinsip-prinsip logika matematika dalam menarik
kesimpulan, serta penerapannya dalam bidang kejuruan.
• Logika Matematika
- Pernyataan majemuk
- Konvers, invers, dan kontraposisi
- Ingkaran kalimat majemuk dan berkuantor
- Penarikan kesimpulan
6. Siswa mampu menerapkan konsep kaidah pencacahan dalam menentukan banyak
kemungkinan dan nilai peluang suatu kejadian; mengolah, menyajikan, dan menafsirkan data; serta penerapannya dalam bidang kejuruan.
• Statistika
- Populasi dan sampel
- Macam-macam diagram
- Ukuran Pemusatan
- Ukuran Penyebaran
• Peluang
- Kaidah Pencacahan
SKL-UN-2007 39
- Permutasi
- Kombinasi
- Peluang
- Frekuensi harapan
7. Siswa mampu menerapkan konsep pola bilangan dalam menyelesaikan perhitungan
barisan dan deret serta trampil menggunakannya untuk menyelesaikan permasalahan dalam bidang kejuruan.
• Barisan dan Deret Bilangan
- Pola bilangan
- Barisan
- Deret

Tidak ada komentar: